Menyajikan Informasi Terupdate Setiap Hari

Jumat, 27 Januari 2017

Membuat Kue Donat Dengan Mudah


Donat (doughnuts atau donut) adalah jajanan yang penyajiannya dengan digoreng, jajanan ini dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur serta mentega. Donat sangat identik dengan berbentuk cincin dan lubang di tengahnya serta memiliki cita rasa yang manis. Dengan berbagai jenis rasa seperti selai, jelly, krim, serta custard. Donat sama sekali tidak sinkron menggunakan bagel, mulai dari bahan adonan, teknik pembuatan sampai cara menghidangkan, walaupun keduanya memiliki bentuk yg hampir sama. 

Bentuk donat dibuat bersama dengan cara mengumpulkan kedua sisi campuran yang berbentuk persegi panjang hingga menghasilkan cincin atau termasuk bersama memakai cetakan donat yg sekaligus menghasilkan lubang di tengah adonan donat. Lubang di tengah donat yang berbentuk cincin bertujuan agar donat cepat masak sewaktu digoreng. Adonan donat yg tersisa sewaktu sebabkan donat berbentuk cincin sering kali dijual sebagai doughnut hole atau dicampurkan lagi ke adonan untuk menghasilkan donat baru. 

Untuk kita belanja membeli bahan bahannya pun tak membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi jika kita pergi berbelanja ke pasar dengan mengendarai mobil Toyota Agya. Spesifikasi Toyota Agya diprogram untuk bisa memberikan daya tampung ekstra dengan model kursi jok belakang yang bisa dilipat, sehingga bias menampung barang belanjaan anda dengan kapasitas besar. Mesin yang menjadi pusat tenaga Toyota Agya tersebut memiliki kapasitas 1.000 cc yang cukup handal untuk penggunaan di daerah perkotaan.

Campuran kue donat terdiri asal dua macam, adonan yang diberbahan dasar dengan ragi mirip adonan roti, dan  campuran kental seperti campuran kue. Donat dari adonan tepung yg menggunakan ragi umumnya kadar lemak 25% dari berat donat, sedangkan donat adonan cake mengandung kadar lemak 20%. Donat berasal adonan cake digoreng selama 90 detik bolak-pulang pada dalam minyak bersuhu antara 190℃ hingga 198℃.

Sedangkan donat dari campuran tepung yang dibangunkan sang ragi memerlukan ketika penggorengan yang lebih lama (lebih kurang 150 dtk) pada pada minyak bersuhu 182℃ sampai 190℃. Sesudah matang, permukaan donat dihias bersama dengan taburan gula icing atau gula halus bercampur bubuk kayu manis, dicelup glasir berupa adonan madu dan juga gula, disiram coklat cair dan juga ditaburi coklat butir bervariasi warna di atasnya. Selai, jelly atau custard yg sebagai isi donat disuntikkan bersama dengan bersama dengan alat spuit.

Gerai donat dan juga toko roti mempunyai banyak sekali variasi bentuk donat, menjadi berasal dari donat berwujud kuku beruang, persegi panjang yg dianggap long john, gelang yang ialah untaian beberapa bulatan mungil (Pon de ring, merek dagang Mister Donut), sampai donat berwujud seperti tali yg berpilin (crullers). Donat ukuran sekali suap dinamakan Munchkin terhadap Dunkin' Donuts atau menjadi Timbit di restoran Tim Hortons Kanada. Donat sangat lekat menggunakan kebudayaan Amerika mirip halnya hamburger. 

Di Amerika Utara sampai tercipta stereotip polisi patroli menjadi pemakan donat. Gerai donat seringkali buka sepanjang malam serta polisi acapkali mengunjungi gerai donat yg menyediakan donat dan  kopi perdeo. Homer Simpson dan  kepala Polisi Clancy Wiggum dalam film kartun The Simpsons adalah penggemar berat makan donat.

Dari asal usul donat tak jarang sebagai asal perdebatan. Salah  satu teori berkata donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran berasal Belanda yg jua memopulerkan hidangan epilog lain, seperti: kue kering, pai krim (cream pie) serta pai buah (cobbler). Cerita lain berkata donat berbentuk cincin diciptakan Capt kapal dari Denmark bernama Hanson Gregory. Sang Capt acapkali wajib  menyetir kapal menggunakan ke 2 belah tangan sebab kapal tak jarang dilanda badai. Kudapan manis gorengan yang dimakan waktu sedang menyetir ditusukkan ke roda kemudi kapal, sehingga kue menjadi bolong. Kebetulan sedang kue donat pula acap kali belum matang, sebagai akibatnya donat akhirnya sengaja dibuat berlubang di sedang sehingga atas donat yang terkena minyak menjadi malah dan donat sanggup cepat matang.

Kudapan manis berupa bola-bola kecil yang diberi nama doughnuts atau olykoeks pertama kali disebut-sebut didalam buku History of New York oleh Washington Irving di tahun 1809. Donat bahasa Inggris disebut doughnut, namun orang Amerika biasa menulis donat menjadi donut atau doughnut. Kata donut pertama kali dipergunakan pada artikel surat kabar Los Angeles Times 10 Agustus, 1929.

Penulis bernama Bailey Millard bersama dengan berkelakar menulis kalimat "can't swallow the 'wel-dun donut' nor the ever so 'gud bred'," menjadi keluhan atas kemampuan mengeja pada kalangan orang Amerika yg jadi alami penurunan. Penggunaan dua cara penulisan, donut atau doughnut ditemukan pada serangkaian artikel surat fakta The New York Times tentang "National Donut Week" yg meliput World's Fair tahun 1939. Dalam 4 artikel yang dimulai lepas 9 Oktober 1939, ejaan "donut" muncul dua kali.

Dunkin' Donuts yg didirikan pada th. 1940 manfaatkan nama Open Kettle di Quincy, Massachusetts, Amerika serikat ialah perusahaan tertua yang menulis donat menjadi "donut", walau sesungguhnya perusahaan Mayflower Donut Corporation yg didirikan setelah Perang world II artinya perusahaan pertama yang menulis donat menjadi "donut".  Di tahun 1968, stan American Donut pada Djakarta Fair (kini   diklaim Pekan Raya Jakarta) adalah pioner donat yg digoreng menggunakan mesin otomatis. Sejak itu, American Donut mempunyai tradisi tahunan membuka stan pada Pekan Raya Jakarta hingga sekarang.

Di tahun 1985, Dunkin’Donuts terhubung gerai pertama di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta sentra yg tetap berkembang sehingga menjadi lebih berasal 200 gerai terhadap banyak sekali kota di  Indonesia. Yg kemudian diikuti dengan mengfungsikan donat-donat waralaba asing lainnya layaknya Master Ring, Master Donut, serta Mister Donut. Demam donat dibangkitkan pulang oleh J.CO Donuts & Coffee yang membuka gerai pertamanya di Supermall Karawaci di lepas 26 Juni 2005. Keberhasilan J.CO diikuti Krispy Kreme yg membuka gerai donatnya yg pertama pada mal Pondok latif 2 di lepas 31 Agustus 2006. J.CO menjadi merek lokal didirikan sang Johnny Andrean seseorang penata rambut terkemuka pada Indonesia.
Donat memproses kecil biasanya dijajakan berkeliling memakai sepeda atau sepeda motor. Pada terhadap bus, pedagang asongan menjual donat bungkus kotak memanfaatkan cara unik. Donat dalam kemasan dibagi-bagikan ke pangkuan penumpang untuk sesudah itu dihimpun lagi jika penumpang tidak berminat. Donat style ini disebut jua jadi donat kampung untuk membedakannya dengan donat-donat yang dijual di harta benda serta restoran. Selain style donat yg banyak tersebar terhadap pasaran kini   banyak diproduksi oleh pedagang kaki lima berarti donat kentang tentu saja bahan baku bikin membuatnya adalah kentang yg mempunyai tekstur lembut. Berikut ini adalah resep donat.



Bahan-bahan :
  • 250 gr tepung terigu segitiga
  • 2 sdm tepung kanji/tapioka
  • 1 buah kuning telur
  • 3 sdm gula halus/pasir
  • 2 sendok makan mentega
  • 20 gr coklat bubuk
  • 150 ml air
  • 1 sendok teh ragi instan/ fermipan
  • 1/2 sendok teh SP/TBM/ovalet

Langkah :
  1. Campur semua bahan kecuali air dan  mentega, aduk rata. Masukkan bertahap air dan  sambil terus diuleni. Jika sudah setengah kalis, masukkan mentega serta uleni hingga kalis. Tutup menggunakan serbet basah serta pisahkan lebih kurang 1 jam atau sampai membesar dua kali lipat.
  2. Selesainya mengembang dua kalis lipat, kempiskan adonan dan  bagi menjadi 12 butir, bentuk bundar -bulat serta biarkan lebih kurang 15-20 menit. 
  3. Lubangi adonan menggunakan jari serta goreng diminyak panas dengan barah mungil sampai matang. Angkat dan  tiriskan. Sesudah dingin beri toping sesuai selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar