Menyajikan Informasi Terupdate Setiap Hari

Rabu, 26 April 2017

Aneka Masakan Dengan Olahan Tempe



Tempe ialah makanan yg dibuat berasal fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang memakai beberapa jenis kapang Rhizopus, mirip Rhizopus oligosporus, Rh. Oryzae, Rh. Stolonifer (kapang roti), atau Rh. Arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum  dikenal menjadi "ragi tempe". Kapang yang tumbuh di kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks sebagai senyawa sederhana yg simpel dicerna sang manusia. 

Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan  zat besi. Aneka macam macam kandungan pada tempe mempunyai nilai obat, mirip antibiotika buat menyembuhkan infeksi dan  antioksidan pencegah penyakit degeneratif. Secara umum , tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yg merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yg memadat. Degradasi komponen-komponen kedelai di fermentasi membentuk tempe memiliki rasa dan  aroma spesial  . Tidak sinkron menggunakan tahu, tempe terasa agak masam.

Tempe banyak dikonsumsi di Indonesia, tetapi sekarang sudah mendunia. Kaum vegetarian pada semua global banyak yang sudah memakai tempe menjadi pengganti daging. Akibatnya kini   tempe diproduksi di poly kawasan di dunia, tidak hanya pada Indonesia. Banyak sekali penelitian pada sejumlah negara, mirip Jerman, Jepang, dan  Amerika serikat. 

Indonesia jua sekarang berusaha berbagi galur (strain) unggul Rhizopus untuk membentuk tempe yang lebih cepat, berkualitas, atau memperbaiki kandungan gizi tempe. Beberapa pihak mengkhawatirkan aktivitas ini dapat mengancam keberadaan tempe sebagai bahan pangan milik umum  karena galur-galur ragi tempe unggul dapat didaftarkan hak patennya sehingga penggunaannya dilindungi undang-undang (memerlukan lisensi dari pemegang hak paten).

Indonesia ialah negara penghasil tempe terbesar di global dan  menjadi pasar kedelai terbesar di Asia. Sebanyak 50% berasal konsumsi kedelai Indonesia dilakukan pada bentuk tempe, 40% tahu, serta 10% pada bentuk produk lain (seperti tauco, kecap, serta lain-lain). Konsumsi tempe homogen-rata per orang per tahun pada Indonesia waktu ini diduga kurang lebih 6,45 Kilo Gram. 

Pada zaman pendudukan Jepang pada Indonesia, para tawanan perang yg diberi makan tempe terhindar berasal disentri serta busung lapar. Sejumlah penelitian yang diterbitkan pada tahun 1940-an sampai menggunakan 1960-an jua menyimpulkan bahwa poly tahanan Perang global II berhasil selamat sebab tempe. Dari Onghokham, tempe yang kaya protein sudah menyelamatkan kesehatan penduduk Indonesia yang padat serta berpenghasilan relatif rendah.

Tempe sendiri Identik dengan pulau Jawa. Jika anda singgah di pulau Jawa, pasti tidak sulit untuk anda menemui tempe. Berkeliling pulau Jawa berburu olahan tempe dengan mengendarai mobil Toyota Rush. Toyota Rush jago untuk melewati tanjakan dan berbagai jalan yang tak bisa dilewati mobil perkotaan dengan mulus. Di dalam Toyota Rush ini juga tersimpan berbagai spesifikasi dan fitur menarik yang membuat para penumpang betah untuk berlama-lama di mobil ini.

Generasi terbaru dari Toyota Rush ini memiliki desain interior yang tampil lebih gagah, menawan dan sporty. Memiliki kapasitas 5 tempat duduk penumpang, material interior yang digunakan di dalam Toyota Rush di rubah dengan menggunakan warna dark gres berlapis material interior berkualitas membuat suasana di dalam mobil ini terasa sporty

Namun, nama 'tempe' pernah digunakan pada wilayah perkotaan Jawa, terutama Jawa tengah, buat mengacu pada sesuatu yang bermutu rendah. Kata seperti 'mental tempe' atau 'kelas tempe' digunakan buat merendahkan dengan arti bahwa hal yg dibicarakan bermutu rendah sebab murah mirip tempe. Soekarno, Presiden Indonesia pertama, tak jarang memperingatkan warga  Indonesia menggunakan berkata, "Jangan sebagai bangsa tempe." Baru di pertengahan 1960-an pandangan tentang tempe ini mulai berubah.

Di akhir 1960-an dan  awal 1970-an terjadi sejumlah perubahan dalam pembuatan tempe di Indonesia. Plastik (polietilena) mulai menggantikan daun pisang buat membungkus tempe, ragi berbasis tepung (diproduksi mulai 1976 oleh forum Ilmu Pengetahuan Indonesia serta poly digunakan oleh Koperasi Produsen Tempe memahami Indonesia, Kopti) mulai menggantikan laru tradisional, serta kedelai impor mulai menggantikan kedelai lokal. Produksi tempe semakin tinggi dan  industrinya mulai dimodernisasi pada tahun 1980-an, sebagian berkat peran serta Kopti yang berdiri di 11 Maret 1979 di Jakarta dan  pada tahun 1983 telah beranggotakan lebih asal 28.000 penghasil tempe dan  memahami.

Baku teknis untuk tempe sudah ditetapkan dalam standar Nasional Indonesia serta yang berlaku sejak 9 Oktober 2009 adalah SNI 3144:2009. Pada baku tadi, tempe kedelai didefinisikan menjadi "produk yg diperoleh asal fermentasi biji kedelai menggunakan memakai kapang Rhizopus sp., berbentuk padatan kompak, berwarna putih sedikit keabu-abuan dan  berbau spesial   tempe".


Orek Tempe Pedas Kriuk


Bahan-bahan :
  • 1 papan tempe akbar (lebih kurang menggunakan berat 0,5 Kilo Gram)
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 20 butir cabai merah keriting
  • secukupnya garam (kira-kira 1 sendok makan)
  • secukupnya gula merah
  • 1 butir serai (digeprek)
  • 2 cm lengkuas (dipotong tipis-tipis)
  • 1/4 liter minyak goreng

Langkah :
  1. potong tempe kecil dan  tipis-tipis
  2. rebus minyak goreng, goreng tempe yang telas diiris hingga keemasan dan  kering. Angkat dan  tiriskan.
  3. Sambil menunggu tempe kemarau, haluskan bumbu yg terdiri dari cabe, bawang merah, bawang putih dan  garam.
  4. Tumis bumbu halus, tuang gula merah yg telah disisir, serai dan  lengkuas.
  5. Mixer hingga cabe layu dan  wangi.
  6. Masukkan tempe yg telah digoreng.
  7. Campurkan dan kocok sampai sambal merata.
  8. Angkat dan  diap disajikan.


Tempe Serta Tahu Bacem


Bahan-bahan :
  • 1 papan tempe
  • 10 buah tahu
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm biji ketumbar
  • 1 ruas lengkuas
  • 3 lmbr daun salam
  • 4 sdm kecap cantik
  • 1 sendok makan garam
  • secukupnya gula merah
  • secukupnya air

Langkah :
  1. Haluskan bwg merah,bwg putih serta ketumbar.
  2. Rebus air dalam wajan masukan bumbu halus, tempe kemudian kecap garam gula lengkuas serta daun salam Masak dgn barah sedang sampe bumbu meresap dan  jgn lupa tes rasa. Setelah bumbu meresap dan  kuah menyusut tempedanmemahami bacem siap d hidangkan. Bisa eksklusif d sajikan ato mampu juga d goreng atau di panggang terlebih dahulu.


Oseng Tempe Sedap


Bahan-bahan :
  • 1 Tempe daun
  • 6 Batang kacang panjang
  • 4 Siung bawang merah
  • 3 Siung bawang putih
  • Setengah siung bawang bombay
  • Setengah Bulatan tomat
  • Secukupnya kecap manis
  • Secukupnya garam
  • 7 Batang cabai hijau

Langkah :
  1. Potong tempe sebagai 4 bagian. Pangkas panjang-panjang seperti ini
  2. Lalu iris kacang panjang tipis (sesuai kesukaan)
  3. Iris bawang merah, bawang putih, bawang bombay, diamkan
  4. Iris cabai hijau sinkron selera. Boleh seperti irisan kacang panjang boleh pula iris mungil bulat.
  5. Iris tomat. Tomat serta cabai hijau satukan.
  6. Iris tomat. Tomat serta cabe hijau satukan.
  7. Goreng tempe 1/2 matang. Diamkan
  8. Tumis bawang yang sudah diiris tadi sampai harum, masukkan kacang panjang, tambah sedikit air supaya kacang panjang loyo. Aduk rata homogen hingga kacang panjang tampak loyo.
  9. Masukkan tempe, cabai, kecap cantik, garam, serta yang terakhir tomat. Mixer sampai rata.
  10. Oseng tempe sedap siap dihidangkan... Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar