Menyajikan Informasi Terupdate Setiap Hari

Rabu, 14 Juni 2017

Sate Kalong Kuliner Khas Cirebon


Kota metropolis Cirebon merupakan salah satu kota kuliner di indonesia, berbagai macam makanan khas cirebon dengan banyak aneka ragam rasa, salah satunya yaitu kuliner Sate Kalong. Sate kalong merupakan makanan yang terbuat dari daging kerbau yang di racik dengan bersih, sehingga menghasilkan salah satu makanan yaitu sate kalong yang enak sekali, dengan bumbunya yang enak serta khas dari cirebon. 

Namanya unik sekali, sekilas sejarah sate kalong. Jika Anda ingin menikmati kuliner sate khas Cirebon  lebih baik menggunakan Mobil Toyota Fortuner yang di desain untuk para petualang, cocok untuk digunakan disegala medan.

Jangan langsung menghindari cicipan ini karena sebenarnya sate kalong bukan menggunakan daging kelelawar yang sebenarnya melainkan menggunakan daging kerbau. Kenapa kok bisa sampai terkenal dengan sebutan sate kalong? 

Karena pedagang atau penjual satenya keluar untuk berdagang seperti kalong pada sore hari atau saat matahari hampir tenggelam dan berjualan sampai pada malam hari, dari situlah disebut sate kalong. Untuk membuat sate yang terbuat dari daging kerbau ini, sebelum di olah dagingya di rebus terlebih dahulu kemudian di campurkan ke dalam bumbu rempah-rempah dan terakhir celupkan ke gula, sehingga rasanya agak manis.

Kalong hanya julukan yang diberikan karena penjual sate ini selalu keluar saat malam hingga dini hari untuk menjajakan satenya sama seperti kalong. Selain julukan kelelawar, mungkin fakta bahwa daging yang digunakan adalah kerbau bukan ayam atau sapi pada umumnya cukup menarik perhatian. 

Sate ini memang telah hadir di Cirebon sejak tahun 1930, pada masa itu kebanyakan warga Cirebon beragama hindu dan tidak memakan daging sapi sehingga daging kerbaulah yang dipilih. Keunikan lain dari sate ini adalah cara penjualan satenya yang menggunakan pikulan dan dilengkapi dengan klonongan (lonceng) untuk menandakan penjual sate kerbau ini sedang lewat dan memanggil pembeli. Daripada anda harus jauh-jauh untuk membeli sate kalong di cirebon, saya akan bagikan resep cara membuat sate kalong yang enak, berikut caranya:

Bahan-bahan :
  • Daging sapi 500 gr
  • Air asam jawa 50 ml
  • Gula merah 75 gr
  • Daun salam 2 lmbr
  • Lengkuas 3 cm
  • Minyak goreng 2 sendok makan

Untuk bumbu yang di haluskan :
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 5 btr
  • Garam 1 sdt
  • Ketumbar 2 sendok makan

Untuk bahan olesan :
  • Gula merah 2 sendok makan
  • Kecap manis 6 sendok makan

Resep membuat sate kalong :
  1. Siapkan wajan dan panaskan minyak kemudian tumislah bumbu yang di haluskan, lengkuas, daun salam, sampai tercium wangi, kemudian tambahkan air asam jawa dan gula merah, aduk sampai rata dan gulanya larut. Apinya kemudian matikan dan campurkan dagingnya aduk sampai rata.
  2. Setelah di campurkan kemudian daging di tusuk dengan tusukan sate, susun menusuk dagingnya dengan rapi. Setelah semuanya di tusuk lalu campurkan bumbu olesan dan bumbu sissa tumisan daging yang tadi. Celupkan daging/sate ke dalam bumbu olesan tadi sebelum sate di bakar.
  3. Bakar sate dengan memakai api yang sedang agar matangnya rata dan sempurna, sambil di bakar dan di olesi bumbu sambal kacang supaya bumbunya meresap dan hasilnya lebih melezatkan.
  4. Angkat dan letakan ke atas piring

Nah itulah cara membuat sate kalong yang tidak kalah enak dengan yang ada di cirebon, cobalah untuk membuatnya. Sekian artikel yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat dan selamat mencoba membuat sate kalong yang enak. Semoga berhasil.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar