Menyajikan Informasi Terupdate Setiap Hari

Jumat, 29 September 2017

7 Makanan Bandung yang Terkenal


Kota Bandung tidak hanya terkenal dari segi wisata nya yang unik, Kota Bandung ini ternyata menyimpan keanekaragaman kuliner yang menarik untuk kamu coba. Salah satu kuliner yang patut kamu coba di sebut Kota Kembang ini adalah jenis makanan ringan khas yang terkenal di kota ini. Berikut daftar makanan yang terkenal.

Jika anda berpergian ke kawasan wisata Gunung Bromo, kami sarankan anda tidak menggunakan mobil berjenis sedan lebih baik berjenis commercial seperti toyota All new hilux karena mobil jenis ini dapat menembus berbagai medan dan memiliki dimensi mesin yang cukup kuat di bandingkan mobil sedan.


Surabi atau Serabi


Bedanya adalah serabi dibuat dengan cara dibakar diatas tungku dan adonannya sangat tebal. Serabi Makanan Khas Bandung yang enak kalau di campur dengan santan Surabi khas Bandung yang terbuat dari tepung ini begitu mirip dengan pancake. 

Peralatan yang digunakan untuk membakar atau membuatnya, menggunakan alat sederhana, yakni dengan tungku yang terbuat dari cetakan tanah liat. Alat inilah yang membuat makanan yang satu ini menjadi nikmat dan terasa keasliannya.

Untuk pelengkap kamu bisa memilih toping campurannya, yaitu toping nangka, keju, coklat, pisang, duren atau sosis. Toping paling unik, kamu bisa memilih surabi toping oncom. Surabi ini terkenal enaknya berada di Kampus NHI, Jalan Setiabudi.


Cimol (Aci Digemul)


Singkatan dari nama makanan ini yaitu, aci digemul (tepung kanji) yang terbuat dari bahan dasar kanji (tepung), dan dibentuk bulat kecil sedemikian rupa serta nanti akan mengembang sendiri, jika digoreng.

Sama seperti baso goreng, makanan khas Bandung ini dibumbui hampir mirip dengan bumbu basreng. Namun, yang satu ini rasanya sangat kenyal, gurih dan sangat lezat. Apalagi kalau disajikan saat panas dan ditemani secangkir teh atau kopi.


Siomay Bandung


Makanan khas Bandung yang satu ini yang sering kita jumpai, mulai di sekolah, perumahan, pinggir jalan dan juga ada di perkantoran. Siomay Bandung ini terbuat dari daging ikan, dicampur dengan sagu dan semakin nikmat dengan bumbu kacang. Apabila kamu singgah di Kota Bandung, mampirlah ke Jalan Veteran Bandung, disana terdapat siomay yang sangat enak yang biasa diberi nama Kingsley dan telah menjadi favorit di kalangan masyarakat.


Cireng


Kamu pasti udah pada kenal dengan makanan yang satu ini kan. Kalau belum, kenalan dulu dengan makanan khas kota Bandung yang satu ini. Kenapa disebut dengan Cireng? Cireng (singkatan dari aci di goreng “kata orang Sunda” untuk tepung kanji yang digoreng), jajanan yang satu ini sangat populer di daerah Priangan yang dijual dlaam berbagai bentuk dan harga variasi yang berbeda-beda. 

Jajanan yang satu ini sangat terkenal di era 80-an. Untuk bumbu tambahan cireng adalah dari tepung kanji, tepung terigu, merica, air, bubuk, garam, kedelai, daun bawang serta minyak goreng. Cireng yang satu ini enaknya kalau dimakan saat hangat dan ditemani saus sambel yang pedas lho.


Lotek 


Makanan khas Bandung ini hampir sama dengan pecel yang di kota-kota lainnya, yakni makanan yang berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan sambal di smping kacang seringkali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya juga ada terasi, gula merah dan bawang putih.

Umumnya, makanan khas Bandung yang bernama lotek ini terasa lebih manis daripada pecel. Apalagi, kalau sambal pecel bumbu telah dicampur sebelumnya, akan terasa nikmat dan lezat, untuk bumbu baru ditambahkan ketika akan dihidangkan. Lotek dapat disajikan dengan lontong atau nasi hangat, disertai dengan tambahan khusus, yakni kerupuk dan bawang goreng.


Wajit Cililin


Wajit Cililin  Merupakan makanan khas yang terbuat dari beras ketan, gula merah dan kelapa yang dimasak menjadi satu. Makanan khas Bandung ini merupakan oleh oleh asli Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Ada banyak macam wajit, namun wajit cililin ini mempunyai keunikan tersendiri, yakni dibungkus dengan cangkang buah jagung.


Perkedel Bondon


Makanan ini dimasak atau digoreng di atas tungku api dan bahan baku makanan khas Bandung untuk menyalakan api atau baranya menggunakan kayu atau arang. Mungkin cara memasaknya ini lah yang membuat perkedel ini sangat nikmat, dan disajikan hangat-hangat disertakan dengan sambal saja sudah cukup untuk menemani nasi untuk lauk yang disantap untuk makan siang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar