Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

Lima Khasiat Hebat Dibalik Segarnya Air Kelapa Bagi Kesehatan


Apa yang paling enak dan juga menyehatkan untuk di nikmati di tengah cuaca pantai yang panas? Tentu es kelapa menjadi jawabannya. Pohon kelapa yang tumbuh subur dan berjajar di tepi pantai memang menjadi sumber air kelapa yang menjadi favorit untuk dinikmati ketika berlibur di pantai.
Sensasinya yang segar dan rasa yang khas nyatanya membuat es kelapa begitu nikmat ketika disajikan saat cuaca sedang panas. Bahkan tanpa dicampur apapun air kelapa yang alami sudah segar sekali, apalagi jika ditambah es yang membuat minuman air kelapa menjadi sangat lebih segar untuk dinikmati.
Bagi beberapa yang ingin menambah energi dan rasa manis, air kelapa bisa ditambah dengan pemanis alami seperti gula aren. Sensasi campuran es dan air kelapa serta gula alami tak pelak bisa menghilangkan rasa lelah dahaga serta menyehatkan badan. Yap selain sangat segar dan nikmat, air kelapa memang sangat baik untuk kesehatan. Mau Tahu apa saja manfaatnya untuk kesehatan? 
Memperbaiki Masalah Pencernaan
Lima Khasiat Hebat Dibalik Segarnya Air Kelapa Bagi Kesehatan
Pencernaan yang iritasi akibat penggunaan obat obatan atau karena makanan tertentu dapat diredakan nyerinya dengan menggunakan air kelapa muda. Rajin mengkonsumsi air kelapa muda setiap hari ternyata dapat memperlancar pencernaan ketika mencerna dan mampu memperbaiki jaringan yang sakit disekitar alat pencernaan secara bertahap.
Obat Jerawat
Lima Khasiat Hebat Dibalik Segarnya Air Kelapa Bagi Kesehatan
Jerawat memang menjadi suatu aib bagi banyak orang. Keberadaannya kerap sekali membuat orang-orang menjadi kurang percaya diri. Nah karena itu jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. 
Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.
Menormalkan kadar gula
Lima Khasiat Hebat Dibalik Segarnya Air Kelapa Bagi Kesehatan
Bagi orang yang memiliki kadar gula yang sangat rendah dalam tubuhnya, ada baiknya jika minum air kelapa muda secara rutin sampai kadar gulanya normal. kekurangan zat gula dalam darah juga berdampak kurang baik bagi kesehatan karena tubuh akan lemas, mudah terserang kelelahan dan mudah jatuh sakit karena daya tahan tubuh yang menurun.
Membuang racun
Lima Khasiat Hebat Dibalik Segarnya Air Kelapa Bagi Kesehatan
Pada orang orang yang mengalami keracunan, maka air kelapa muda adalah solusi terbaik, karena selain air kelapa muda mengandung zat anti bakteri dan anti peradangan. Ternyata air kelapa muda mengandung senyawa bioaktif yang mampu mengatasi dan memblokir racun agar tidak semakin menjalar ke seluruh tubuh. Racun akan dibuang melalui keringat dan urin secara teratur oleh ginjal melalui air kelapa muda.
Obat Eksim
Lima Khasiat Hebat Dibalik Segarnya Air Kelapa Bagi Kesehatan
Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.
Meningkatkan trombosit
Lima Khasiat Hebat Dibalik Segarnya Air Kelapa Bagi Kesehatan
Pada penderita demam berdarah akan kekurangan sel darah merah karena nyamuk yang menjadi penyebab timbulnya penyakit demam berdarah. Air kelapa mampu menggantikan dan meningkatkan kadar trombosit yang hilang dari tubuh. Menetralisir racun yang ada di pembuluh darah yang telah disebarkan oleh nyamuk penyebab demam berdarah. Air kelapa muda dapat pula mengencerkan darah dan mencegah penggumpalan darah akibat racun yang dibawa oleh nyamuk penyebab demam berdarah.
Mencegah Dehidrasi
Lima Khasiat Hebat Dibalik Segarnya Air Kelapa Bagi Kesehatan
Nah yang terakhir ini sudah jelas manfaatnya. Seseorang yang diserang kelelahan akibat padatnya aktifitas rutin atau akibat olahraga maka akan banyak keringat yang keluar. Keringat yang keluar akan mengurangi ion tubuh sehingga tubuh akan mengalami lemas dan dehidrasi. Rasa dahaga yang luar biasa dapat disembuhkan dengan meminum es kelapa muda.
Nah, itulah kawan sekiranya lima manfaat hebat dari air kelapa bagi kesehatan. Bagi yang belum biasa dan juga jarang sekali minum air kelapa sudah saatnya mulai dari sekarang rutin-rutinlah mengkonsumsi air kelapa.

Posting Komentar untuk "Lima Khasiat Hebat Dibalik Segarnya Air Kelapa Bagi Kesehatan"