Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

10 Rekomendasi Destinasi Wisata di Cirebon Terbaik di Tahun 2023

Berbagai destinasi wisata di Indonesia selalu menawarkan keindahan yang tiada habisnya, khususnya tempat wisata Cirebon. Di sini kami akan  menjelasakan  Wisata di Cirebon yang Harus Anda Kunjungi. Cirebon merupakan kota yang terletak di Jawa Barat sehingga mudah diakses oleh warga Jabodetabek.

Kali ini kami ingin memberikan Beberapa Wisata di Cirebon yang bisa anda kunjungi selama liburan. Cirebon merupakan kota yang mempunyai segudang pesona, mulai dari wisata sejarah, budaya, alam hingga wisata kuliner. Jadi jangan salah kalau Cirebon hanyalah kota udang. Banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di sana.

Wisata di Cirebon Memilki Pesona yang Sangat Indah

Kota Cirebon mendapat julukan kota udang karena pada abad ke-15, penduduknya memanfaatkan udang rebon sebagai mata pencaharian utama. Tak heran jika banyak kuliner asli Cirebon yang dibuat dengan campuran udang tanpa tulang.

Selain terkenal dengan kulinernya, Cirebon juga terkenal dengan destinasi wisatanya yang memilki pesona  keindahan. Kebanyakan Wisata di Cirebon merupakan wisata alam karena kota ini memiliki kawasan yang dilestarikan. Di Cirebon terdapat waduk, bukit bahkan danau yang bisa anda kunjungi saat berlibur.

Beberapa Wisata di Cirebon

Kehadiran Tol Cipali membuat Cirebon, Jawa Barat, terus tumbuh di sektor perekonomian dan pembangunan. Hal ini mendorong banyak wisatawan memilih Cirebon sebagai destinasi wisata. Wisata di Cerbon sangat melimpah yang meilki keindahan dan daya Tarik masing masing.

1. Bukit Gronggong

Destinasi wisata di Cirebon yang pertama adalah Bukit Gronggong. Bukit yang terletak di Jalan Patapan Kecamatan Beber ini terkenal dengan pemandangannya yang indah sehingga kerap menjadi incaran wisatawan. Bukit Gronggong merupakan bukit yang dijadikan tempat wisata, menawarkan panorama indah hutan di bawah bukit, serta kota Cirebon dari jauh.

Anda bisa datang ke sini pada pagi hari untuk melihat matahari terbit atau sore hari untuk melihat indahnya matahari terbenam. Tak hanya itu, pemandangan malam yang dihiasi lampu-lampu kota Cirebon juga memiliki daya tarik tersendiri. Tempat wisata ini juga menawarkan restoran dan penginapan untuk wisatawan.

2. Pantai Kejawanan

Cirebon juga memiliki pantai yang menjadi salah satu tempat wisata favorit yaitu Pantai Kejawanan. Di pantai ini, wisatwan bisa menikmati sejuknya angin dengan hamparan air laut yang menyejukkan dengan pesona keindahan pantai. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah sore hari karena udaranya tidak terlalu panas dan Anda bisa menyaksikan matahari terbenam.

3. Batu Lawang

Destinasi wisata di Cirebon selanjutnya adalah Batu Lawang yang merupakan sebuah taman. Di sini banyak terdapat tempat-tempat menarik yang bisa digunakan untuk bersantai dan berfoto. Destinasi wisata ini menampilkan pemandangan alam yang tersusun dari pepohonan hijau, serta tebing-tebing yang berbentuk artistik.

Konon, Batu Lawang merupakan pintu gerbang menuju dimensi lain karena bentuknya yang unik. Selain bisa bersantai sambil berfoto, bunda juga bisa menikmati berbagai aktivitas lainnya seperti bermain sepeda gunung, fly fox, naik sepeda, dan lain-lain.

4. Makam Sunan Gunung Jati

Bagi Anda pecinta religi pasti kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat ini. Makam Sunan Gunung Jati bahkan kini menjadi bagian dari sejarah wali songo yang sering dikunjungi masyarakat. Tempat wisata religi ini juga menyuguhkan keindahan berupa perpaduan bangunan arsitektur Arab, Jawa dan Cina.

Wisata religi ini digemari pengunjung dari berbagai daerah, mulai dari lokal Jawa hingga etnis Tionghoa. Tentunya tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum yang lengkap seperti toilet dan tempat parkir. Bahkan wisata kuliner dan oleh-oleh pun bisa Anda temukan di tempat ini.

5. Situ Sedong

Situ Sedong merupakan destinasi wisata di Cirebon yang merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda. Pada masa penjajahan Belanda, Setu Gedong dibangun antara tahun 1918 hingga 1921 untuk mengairi perkebunan dan pertanian di wilayah sekitarnya.

Saat ini Situ Gedong menjadi salah satu tempat wisata di Cirebon yang menawarkan suasana nyaman dan tenang dengan pemandangan indah dan latar belakang Gunung Ceremai. Selain menikmati pemandangan yang indah, Wisatawan juga bisa berkeliling Situ Sedong dengan menggunakan perahu kayuh atau perahu kecil yang disewakan.

6. Kampung Batik Trusmi

Saat Anda berkunjung ke tempat wisata di Cirebon ini, Anda bisa membeli berbagai jenis batik dengan corak yang beragam dan indah. Kаmрung Bаtіk Truѕmі terletak di Dеѕа Weru Lor, Kecamatan Wеru, Cіrеbоn. Harga kain batik di tempat ini juga cukup terjangkau.

Tempat ini juga menawarkan workshop membatik bagi pengunjung. Jadi Anda bіѕа belajar membatik dі tempat іnі. Kemampuan membatik di desa ini juga sangat bagus. Pasalnya, salah satu murid Sunan Gunung Jati, Ki Gede Trusmi, mengajari warga setempat cara membatik.

7. Wanawisata Ciwaringin

Tempat wisata alam ini juga sangat nyaman untuk dikunjungi. Perpaduan antara keindahan wisata hutan kayu putih dan panorama pegunungan menawarkan pemandangan yang sungguh menakjubkan. Pasalnya, tempat ini juga mengeluarkan aroma minyak kayu putih yang sangat menenangkan dari daun tanaman kayu putih.

Wanawisata Ciwaringin  terletak di Desa Ciwaringin, 27 km dari Kota Cirebon. Alasannya, tempat ini mudah dijangkau menggunakan angkutan umum dan angkutan pribadi. Sirkuit dengan pemandangan gunung, hutan, dan sungai ini sangat menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga atau teman.

8. Telaga Niren

Destinasi wisata ini sangat populer di Instagram karena memiliki tampilan yang Instagrammable. Telaga Niren memiliki air yang sangat jernih dan bening sehingga sering dijuluki Telaga Biru karena warna airnya.

Daya tarik air jernih ini akan terlihat sangat jernih sekali difoto.Apalagi tempat wisata ini juga memiliki beberapa tempat yang indah untuk berfoto.m Wisatawan bisa berfoto di tepi danau atau di atas реrаhu уаng bіѕа disewa dаrі ріhаk pengelola.

9. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cірtа Rаѕа merupakan mаѕjіd tеrtuа dі Cіrеbоn. Masjid ini terletak di Jl.Kasepuhan, wungkuk rendah, Kota Cirebon, Jawa Barat. Masjid ini mempunyai kekhasan yaitu atap masjid ini tidak mempunyai puncak seperti masjid pada umumnya.

Desain arsitektur masjid ini juga didominasi oleh pengaruh kerajaan Islam masa lalu. Pembangunan masjid ini akan mempertemukan ratusan tokoh penting kerajaan Majapahit, Cirebon, dan juga Demak.

10. Telaga Remis

Sеlаіn Tеlаgа Niren, ada tеlаgа Rеmіѕ yang jugа bisa Anda kunjungі. Nama Danau Rémis sebenarnya diambil dari nama kerang air tawar yang banyak ditemukan di tempat wisata ini. Banyak aktivitas bersama keluarga yang bisa wisawatan lakukan di sini, mulai dari piknik, memancing, bermain bebek, hingga berfoto dengan pemandangan indah.

Namun berenang tidak diperbolehkan, karena telaga ini cukup dalam. Sеlаіn рорulеr ѕеbаgаі tеmраt wisata kеluаrgа, Tеlаgа Rеmіѕ juga рорulеr sebagai tеmраt mengambil foto prewedding.

Akhir Kata

Ada banyak destinasi wisata di Kota ini,  Destinasi Wisata di Cirebon untuk menikmati liburan keluarga atau bersama teman terdekat. Sebelum memulai perjalanan, ingatlah untuk mempersiapkan anggaran jauh-jauh hari. Pastikan juga untuk mempersiapkan stamina agar tetap fit selama berwisata.

Posting Komentar untuk "10 Rekomendasi Destinasi Wisata di Cirebon Terbaik di Tahun 2023"