Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

7 Destinasi Wisata Terbaik Kabupaten Kuningan untuk Berlibur

Untuk Anda yang ingin mencari tempat wisata untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang terdapat di Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Kuningan. Tempat wisata yang terdapat di Kuningan kebanyakan didominasi dengan keindahan alam yang memukau dan memberikan pengalaman berbeda di setiap lokasinya.

Kabupaten Kuningan merupakan bagian dari provinsi Jawa Barat, lokasinya sangat dekat dengan Majalengka dan juga Cirebon. Dibalik beragamnya tempat wisata yang terdapat di Kuningan, kami akan memberikan kepada Anda beberapa destinasi wisata yang sedang populer, epic dan juga Instagrammable yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Tempat Wisata Terbaik di Kabupaten Kuningan Jawa Barat

Beberapa tempat wisata yang terdapat di Kabupaten Kuningan tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia khususnya penduduk asli Kuningan, beberapa wisata tersebut seperti Pemandian Cibulan, Air Terjun Sidomba, Air Terjun Putri dan lain sebagainya. Namun, masih ada beberapa tempat wisata di Kuningan lainnya yang belum banyak terekspos.

Destinasi wisata di Kuningan juga beragam dan sebagian besar merupakan wisata alam, sehingga cocok untuk anak-anak muda yang ingin bersantai. Salah satu yang membuatnya terkenal adalah keberadaan Gunung Ciremai sebagai salah satu pesona alamnya. Pada pembahasan selanjutnya, kami telah menyediakan beberapa rekomendasi tempat wisata Kuningan terbaik 2023.

Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik di Kabupaten Kuningan

Seperti yang telah kami katakana di atas, bahwa Kabupaten Kuningan merupakan salah satu daerah yang terdapat di provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini memiliki Keindahan alam yang diwujudkan dengan adanya beragam air terjun yang indah, perbukitan yang eksotis dan taman wisata alam yang instagrammable. Berikut tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Kuningan.

1. Telaga Remis

Destinasi wisata di Kuningan yang pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Telaga Remis. Tempat wisata ini terletak di tengah hutan yang menawarkan pemandangan menakjubkan. Air di sini juga cukup jernih dan Anda akan merasakan segarnya suasana pegunungan. Telaga yang indah ini terletak di Desa Kaduela, Pasawahan, sekitar 30 km barat laut pusat kota Kuningan atau 20 km barat daya Cirebon.

2. Pemandian Cіbulаn Kuningan

Tempat wisata di Kabupaten Kuningan selanjutnya adalah pemandian Cibulan yang sudah sangat digemari oleh masyarakat Jawa Barat khususnya Kuningan. Tempat wisata Cibulan ini memiliki sejarah panjang peradaban Islam di Pulau Jawa. Menurut sejarah, dulunya tempat ini merupakan tempat persinggahan Prabu Siliwangi. Pemandian Cibulan terletak di Dеѕа Manis Kіdul, Kuningan, Jаwа Barat.

Di kolam ini terdapat ikan dewa yang diyakini berumur ratusan tahun dan percaya atau tidak, ikan tersebut dapat menghilang saat pembersihan kolam. Ada pula warga sekitar yang melihat ikan tersebut berubah menjadi duri ikan di malam bulan purnama. Namun semua itu tentu saja hanya mitos yang berkembang di masyarakat.

3. Curug Sidomba Kuningan

Tempat wisata di Kabupaten Kuningan yang ketiga adalah Air Terjun Sibonda yang terletak di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana Kuningan. Air terjun ini merupakan objek wisata Kuningan yang sayang untuk dilewatkan. Untuk nama air terjun ini berasal dari kata “Cidomba” yang berarti domba atau kambing karena di kawasan ini banyak terdapat domba.

Air Terjun Sidomba tingginya hanya 3 meter dan sudah terdapat fasilitas penunjang seperti restoran, saung, taman bermain anak dan juga terdapat binatang diantaranya kambing bertanduk 3. Di lokasi ini juga terdapat masjid dengan menara tinggi yang berjumlah 99 anak tangga. Dari puncak menara, Anda bisa menikmati pesona alam yang tak kalah indahnya dengan tempat wisata di Kuningan lainnya.

4. Kebun Raya Kuningan

Masih berupa wisata alam, ada satu lagi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga yaitu Kebun Raya Kuningan. Tempat wisata Kebun Raya Kuningan ini bisa Anda manfaatkan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Kebun Raya Kuningan terletak di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, dengan luas kurang lebih 176 ha, dengan topografi berbukit (490-870 m dpl).

Kedepannya objek wisata ini juga akan dikembangkan sebagai wahana wisata alam dan ilmu pengetahuan (ekowisata), guna mengetahui flora dan fauna endemik yang terdapat di Gunung Ciremai.

5. Gedung Perundingan Linggarjati

Tempat bersejarah ini menjadi saksi sejarah perjanjian bangsa Indonesia dengan penjajah Belanda pada tanggal 10 hingga 13 November 1946. Gedung ini terletak tidak jauh dari Taman Wisata Linggarjati Indah (+100 m). Tempat ini masih terawat dengan baik dan perabotan yang ada di gedung ini masih sama persis dengan yang digunakan pada masa perundingan Linggarjati.

Sejumlah foto dokumenter yang juga masih terpampang di dinding wisata bersejarah ini antara lain, foto ketua delegasi Indonesia yakni Sutan Sjahrir, serta beberapa delegasi Belanda seperti Ivo Samkalden, Schermerhorn dan P Sanders.

Untuk mengakses ke tempat wisata sejarah gedung museum ini, Anda bisa naik elf dari Cirebon menuju Kuningan dan turun di Cilimus. Lalu selanjutnya Anda bisa naik angkot jurusan Cilimus-Linggarjati. Museum ini buka mulai pukul 07:00 hingga 15:00 WIB pada hari Senin hingga Jumat dan pukul 08:00 hingga 17:00 WIB pada hari Sabtu hingga Minggu.

6. The Mountain Recreation Park Kuningan

Tempat liburan terbaru di Kuningan yang bisa Anda kunjungi adalah The Mоuntаіn Rесrеаtіоn Pаrk. Waterboom ini sangat cocok dijadikan tempat liburan keluarga terutama bersama anak-anak dan orang dewasa. Lokasi tempat wisata The Mоuntаіn Rесrеаtіоn Pаrk ini berada di Kompleks Perumahan Pesona Alam Kuningan, Jalan Raya Cirendang-Cigugur, Kuningan.

Untuk menuju tempat ini cukup mudah karena akses jalan yang ada sudah cukup baik dan letaknya tidak jauh dari kota. Waterpark ini terletak di Jalan Cirendang-Cigugur. Meski tergolong baru, taman rekreasi ini bisa menjadi pilihan tempat wisata di Kuningan yang patut untuk dicoba.

7. Gunung Ciremai

Bagi Anda pecinta panjat tebing, cobalah menaklukkan Gunung Ciremai yang tingginya sekitar 3.078 mdpl. Di puncak gunung ini terlihat sepasang kawah yang saling bersilangan, berada pada ketinggian sekitar 2.900 mdpl. Gunung Ciremai merupakan gunung yang terpisah dari gunung lainnya dan merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, dengan luas kurang lebih 15.000 ha.

Gunung ini menjadi salah satu destinasi pendakian favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bagi Anda yang tertarik dengan panjat tebing, Anda bisa melakukan 3 jalur yaitu di Desa Palutungan, Desa Linggarjati dan Desa Padabeunghar. Agar perjalanan Anda aman dan nyaman, sebaiknya sewalah guіdе yang mеruраkаn аnаk-аnаk kоmunіtаѕ уаng gеmаr mеndаkі gunung tеrѕеbut.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa tempat wisata terbaik yang terdapat di Kabupaten Kuningan. Beberapa tempat wisata di atas tentunya wajib Anda kunjungi bersama keluarga tercinta untuk mengisi waktu liburan. Kuningan menjadi salah satu daerah yang menawarkan beberapa tempat wisata menarik seperti air terjun yang indah, perbukitan yang eksotis dan taman wisata alam yang instagrammable.

Posting Komentar untuk "7 Destinasi Wisata Terbaik Kabupaten Kuningan untuk Berlibur"